Monday 14 April 2014

Tips Agar Berani Berbicara Didepan Kelas

Kamu pasti tahu, guru menilai muridnya bukan dari hasil ulangan tertulis saja. Nilai itu digabung dengan keberanian kamu untuk berbicara di kelas. Misalnya menjawab pertanyaan secara lisan, memberi tanggapan atas jawaban teman, atau memberi usul waktu rapat kelas. Tapi kamu seringkali tak berani melakukannya, baru mau mengangkat tangan saja sudah degdegan. Nah, berikut ini akan saya sarankan beberapa Tips Agar Berani Berbicara di Depan Kelas :
1. Jantung kamu degdegan sebelum mengangkat tangan biasanya terjadi karena kamu takut melakukan kesalahan. Jadi, kamu harus menghilangkan rasa takut itu. Caranya? Kamu harus berpikir bahwa tak ada orang yang sempurna, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan.
2. Waktu guru mengajukan pertanyaan sebenarnya kamu tahu jawabannya. Tapii.... "Diam saja ah, kan si yani sudah mengangkat tangannya." Pernah punya pikiran semacam itu? Kalau iya, segera hilangkan karena menjelang akhir pelajaran biasanya guru akan menunjuk muridnya yang belum menjawab pertanyaan. Dan itu nilainya lebih rendah dibandingkan kalau kamu mengangkat tangan sendiri, padahal jawabannya sama-sama benar. Rugi dong?
3. Untuk berani bicara di kelas, kamu harus sering berlatih. Usahakan berbicara, sekaliiii saja setiap mata pelajaran. Mula-mula menjawab pertanyaan guru yang perlu satu kata saja. Kalau keberanian sudah muncul, coba menjawab pertanyaan dalam satu kalimat. Lama-lama kamu akan terbiasa berbicara di kelas.
4. Sebelum berbicara, cobalah menarik nafas yang dalam kemudian keluarkan pelan pelan dan tenangkan hatimu katakan dalam hati kalau "Aku bisa"
5. Mengobrol juga bisa melatih kamu berani berbicara. Saat mengobrol, akan lebih baik jika sekali-sekali kamu memberi komentar atau menyanggah ucapan teman. Jadi sering-seringlah mengobrol dengan teman. Misalnya saat istirahat, berolah raga, atau dalam perjalanan sepulang sekolah.
6. Perhatikan baik-baik apa yang sedang dibicarakan di kelas. Kalau ada teman yang memberi komentar, perhatikan caranya berbicara dan intonasinya. Kalau bisa ulangi kata-katanya pelan-pelan saja.
7. Kalau kamu mau memberikan usulan dan harus berbicara panjang lebar, tulis saja dikertas kecil lalu bacakan!
8. Duduk di depan cermin. Cobalah bicara sambil bercermin. Atau rekamlah suara kamu lalu dengarkan hasil rekamannya. Ini bisa dijadikan cara latihan berbicara didepan kelas.
9. Kalau kamu sudah berani berbicara di kelas, kamu tidak boleh bicara seenaknya. Misalnya teman kamu sedang menjawab pertanyaan dan ia belum selesai bicara, lalu kamu langsung menyanggahnya. Apalagi kalau dengan nada yang keras, jangan ya? Sebaiknya kamu menunggu ia sampai selesai bicara lalu mengangkat tangan dan mulai berbicara.

Nah itulah tips yang dapat saya sampaikan, semoga sekarang gak ada yang malu-malu lagi ya buat berbicara di depan kelas. Sekian semoga tips ini bermanfaat:)

No comments: