Monday 7 April 2014

4 Mahasiswa Gokil : Rumah Kost di Samping Kuburan



Hidung pesek Amir kembang kempis. “Kabar gembira, teman teman….!!!” Ekspresi amir happy banget, mirip kucing berhasil nyolong ikan.
Ketiga mahasiswa yang tinggal satu kos dengan amir menoleh
“Kabar apaan?!” Udin dan Eko penasaran
“Paling ceweknya dapet kiriman, “ Kata Beno. “Jadi dia bisa makan siang gratis selama beberapa hari!!”
“Oh no. bukan itu mas bro.”
“Lo dapet kiriman duit, Mir?” Mata beno berkilat penuh harap.“Kalo gitu balikin utang lo. Gue mau bayar kost bulan ini!”
“Utang lo ke gue balikin juga Mir, lo udah ngutang selama 1 tahun 3 bulan, 2 minggu, 29 hari!” Udin ikut nyolot “Gue juga mau bayar uang kost!”
“Syeeettt dah...! semua orang lu utangin?! Ke gue juga ngutang!” omel Eko “Balikin!! Lo ngutang jago bingiiittsss, bayarnya susah banget chiinnnn!!”
“Oemji, jadi kita semua kere karena si amir yang pesek, jidat gede plus muka ancur gak bayar utang?” wah lo emang hobi banget ngerepotin temen yaa?!”
Amir  malah nyengir meski mukanya yang ancur itu tampak memerah. Hidungnya yang pesek dan bergerak aneh bikin wajahnya makin engga keren, emang nasib orang jelek.Pasti cewek yang mau jadi pacar amir lebih merasa kasihan bukan atas dasar cinta. Yaiyalah, mana ada cewek mau dengan cowok jelek dan kere.
By the way bus wey, sebenernya sih Amir punya pacar. Wajahnya 11 12 dengan Omas si Komedian betawi. Tapi cewek Amir yang bernama Vina lebih muda. Yaiyalahhh. Selebihnya sih mirip bangets sama Omas. Kurang sedap dipandang, lebih enak buat ganjel lubang tikus.bahkan saking jeleknya, teman-teman kuliah bilang gak pantes namanya Vina, katanya sih Ijah atau Inem yang paling pol.
Kembali ke Amir, mahasiswa jelek itu masih berusaha menenangkan teman-temannya.“ Sabar dong friendsss, calm, slow down baby oke? Hari ini gue bisa mengatasi masalah lo semua!”
“Alhamdulillah. Akhirnya datang juga keajaiban dunia yang ke-8.  Amir akhirnya bisa bayar utang.” Udin nyengir.
“Gue bukan mau bayar utang.”
“Jiiiiaaaaahhhh….” Ketiga temannya seketika itu juga langsung dibuat hampir pingsan kerena kecewa.
“Tadi lo bilang mau bayar!” Beno emosi. “Kalo lo nunda bayar hutang, bisa-bisa kita diusir sama ibu kos!”
“Iya mir, Gue juga udah dua bulan gak bayar kost”  Kata Eko.
“Tenaaanng friends….gue sendiri udah 3 bulan belum bayar!”
“Busyeeeettt, bangga…..?! mestinya lo malu enggak bayar kost kelamaan”
“Yaahh,  mau gimana lagi ? bapak gue di kampong udah lama gak ngirim duit. Tapi denger dulu dong, kan gue bilang punya kabar gembira. Kabar gembiranya adalah………..gue berhasil ngatasin masalah kita berempat, karena gue dapet rumah kost baru!”
Ketiga temannya menatap takjub. Anehnya posisi berdiri mereka saat itu teratur dari kiri ke kanan. Mulai dari yang tampangnya lumayan ganteng , Udin. Lalu yang agak lumayan Beno. Terus mulai jelek Eko. Dan yang paling jelekya orang yang lagi mereka tatap yaitu Amir.
“Gimana bisa?!” Udin menatap serius seolah gak percaya.
“Ya bisa dong .” orang jelek itu makin pede “Amir kan memang bias diandalkan! Rumah kost itu bias kita tinggalin free alias gratis selama 6 bulan!”
“Haaaaaaaaaaaaaaaaaaahhh….?!!” Saking semangatnya ngomong, ludah udin sampe muncrat kena muka Amir.
“Syeett dah, kuah lo kebanyakan!” Amir mengusap wajahnya yang rada basah.
“Masa bodooooo!”Udin cuek “Lu boleh ga bayar utang, kalo gue boleh tinggal dirumah itu gratis selama 6 bulan!”
“Gimana?” Amir menatap ketiga teman-temannya  “Lumayan kan rumahnya?”
“Okeh kalau gitu, lagian lumayan juga” Ucap Udin penuh semangat
Keempat mahasiswa itu menatap sebuah rumah yang terkesan tua dan tidak terawat
Beno menghela napas.“Gede sih rumahnya dan gak jelek-jelek amat.”
“Iya Mir,” timpal Eko. “Tapiiiiiii….. kenapa lo gak ngomong kalo rumah ini persis di samping kuburan!”
Amir cengengesan. “Yah, namanya juga gratisan.Kalo gak disamping kuburan mana ada rumah yang boleh kita tinggalin gratis?! Ini juga karena yang ngontrak pindah, padahal sisa waktunya masih 6 bulan.”
Udin dari tadi diam saja. Dia bukan terpukau dengan rumah sederhana di depannya. Rumah itu memang tua dan tidak menarik. Sebagian cat dinding dan jendela kusam, bahkan ada yang sudah terkelupas. Beberapa semak tanaman hias tumbuh tak terurus. Namun di pojok rumah ada sebatang pohon rambutan yang buahnya lumayan lebat. Sebagian besar buah masih hijau tapi sudah ada yang kekuningan. Udin terpesona dengan pohon rambutan itu.
“Minggu-minggu depan kayaknya udah pada mateng ni rambutan. Kita bisa pesta rambutan.” Katanya happy.
“Lo malah mikirin rambutan.”Eko nyolot.“Kagak lo liat di belakangnya kuburan?!”
“Wah iya. Itu ada kuburan yang rada baru.”Udin masih memperhatikan sebuah kuburan yang tanahnya masih menggunduk  dan nada sisa-sisa bunga kering di atasnya. “Paling belum sebulan tuh matinya.”
Amir  yang pemberani dia mendekati kuburan di dekat pohon rambutan. Dia mengamati kayu nisan yang bertuliskan nama orang yang meninggal.
Bersambung….

No comments: