Monday 28 April 2014

18 Tips Diet Sehat yang Baik dan Benar

Memiliki tubuh ideal adalah dambaan setiap wanita, kebanyakan wanita memilih program diet untuk menurunkan berat badan, namun kebanyakan wanita salah mengartikan diet. Diet sering disalahartikan dengan tidak makan seharian penuh. Hati-hati loh diet sembarangan bukannya menurunkan berat badan tapi malah mengganggu kesehatan.
Bagi yang ingin melakukan diet anda bisa melakukan 18 langkah diet sehat yang akan saya uraikan berikut ini :
1. Motivasi dan Keyakinan
Sebagai langkah pertama, anda harus percaya diri untuk menurunkan berat badan. Yakinkan pada diri sendiri bahwa anda bisa. meskipun diluar sana banyak godaan makanan yang enak tetapi anda harus bisa menahannya. Kuatkan motivasi anda karena motivasi penting bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Jadi jangan gampang menyerah ya?
2. Kenali Tubuh dan Berat Badan
Jika anda merasa berat badan anda normal atau baik-baik saja, tidak perlu melakukan diet yang ketat, ingat jangan membanding-bandingkan tubuh anda dengan teman-teman anda karena keadaan tubuh setiap orang berbeda-beda,
3. Sarapan
Ingat! Sarapan pagi sangat penting untuk memberikan asupan energi pada tubuh. Sebelu anda beraktifitas jangan lupa sarapan dengan menu sehat dan berserat seperti sereal, roti gandum, susu, yoghurt, dan makanan tinggi serat lainnya.
4. Porsi Makan
Atur porsi makan anda, dengan menu yang cukup, sehat dan bergizi.
5. Cek Kandungan Gizi Yang Terkandung Dalam Kemasan Makanan
Tidak ada salahnya jika anda membaca terlebih dahulu kandungan gizi dalam kemasan makanan yang anda beli hal ini penting agar anda bisa mengetahui kandungan dalam makanan yang anda beli serta anda dapat mengatur jumlah kalori untuk program diet yang sedang anda jalani.
6. Banyak Mengkonsumsi Buah dan Sayur
Buah dan Sayur adalah makanan yang berserat tinggi, serat berfungsi untuk menjaga tubuh, membersihkan kotoran dalam usus, menghilangkan lemak di perut, serta berguna untuk menjaga perut terasa kenyang.
7. Atur Jadwal Makan
Setidaknya makanlah 3 kali sehari, karena membantu metabolisme tubuh dalam proses pembakaran kalori.
8. Pilih Makanan Rendah Lemak
Hindari makanan yang berminyak seperti goreng-gorengan.
9. Perbanyak Minum Air Putih
Air putih berguna untuk membuang kotoran dalam tubuh dan membersihkan pencernaan anda, jadi minumlah air putih minimal 2 liter perhari.
10. Jangan Makan atau Ngemil di Malam Hari
Lebih baik gantikan makan malam anda dengan mengkonsumsi buah, makan di malam hari dapat menyebabkan kalori menumpuk, karena aktivitas pembakaran pada malam hari cenderung lebih sedikit.
11. Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein
Protein digunakan sebagai makanan sehat bagi diet anda karena mengandung hingga 24 vitamin, mineral, dan nutrisi penting serta 9 gram protein dan serat yang membantu mengelola berat badan anda.
12. Rajin Minum Jus
Minum Jus Buah-buahan atau sayur-sayuran bisa membantu anda ketika sedang diet.
13. Vitamin
 Minum Kapsul Vitamin berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh anda agar tetap sehat selalu serta dapat membantu dalam proses pertumbuhan.
14. Makanan Bebas Gula
Sebaiknya gunakan gula rendah kalori dalam kebutuhan makanan atau minuman anda.
15. Berolahraga
Sebaiknya sesuaikan olahraga dengan keadaan tubuh anda, Olahraga Lari, Bersepeda, Senam, dan Renang bisa menjadi pilihan untuk melakukan olahraga ringan
16. Konsultasikan Program Diet Ke Dokter
Dokter akan memberikan dorongan atau nasihat-nasihat untuk program diet yang sedang anda jalani.
17. Lihat Perkembangan dan Perubahan Selama Diet
Bandingkan berat badan anda saat telah diet dan sebelum diet hal ini bertujuan untuk melihat hasil yang diperoleh dari diet anda.
18. Konsisten dan Tetap Jaga Pola Makan
Tetap jaga pola makan anda setelah atau pun saat anda diet ha ini untuk menjaga kestabilan berat badan anda

Sekian:) Semoga bermanfaat.

No comments: